Monday, June 15, 2015

5 FAKTA TENTANG DORAYAKI

1. Dorayaki pada awalnya hanya terdiri dari satu lapisan. Format sekarang ini pertama kali diciptakan oleh perusahaan kue Usagiya di distrik Ueno, Tokyo.



2. Dora dalam bahasa Jepang berarti "gong". Diduga kuat inilah asal-usul nama Dorayaki. Legenda mengatakan bahwa seorang samurai bernama Benkei menderita luka dan dirawat di rumah penduduk. Setelah sembuh, dia memasak kue dadar diatas gongnya dan memberikannya kepada penduduk desa yang telah merawat luka-lukanya.

3. Orang Spanyol memiliki versi Dorayaki mereka sendiri, yaitu Japonesa. Japonesa sendiri dalam bahasa Spanyol berarti "wanita Jepang" dikarenakan penampilannya yang mirip Dorayaki.




4. Di daerah Kansai, cemilan manis ini disebut "mikasa". Kata ini berasal dari Mt. Wakakusa (Gunung Wakakusa) di Nara. Biasanya orang lokal memakan mikasa sambil memandangi Gunung Wakakusa.

5. Kacang Adzuki, bahan untuk isian Dorayaki, sebenarnya merupakan makanan yang kaya mineral. Perbandingannya yaitu 1 gelas kacang Adzuki rebus mengandung 4,6 mg zat besi; 119,6 mg magnesium; 1.223 g potassium; dll.

No comments:

Post a Comment